You need to enable javaScript to run this app.

Sekilas Instansi

  • Senin, 31 Oktober 2022
  • Administrator
  • 0 komentar

   Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh merupakan salah satu dari tujuh Kecamatan di Kabupaten Solok Selatan. Sebagai Kecamatan yang keberadaannya beranjak dari Kecamatan Perwakilan Camat Sungai Pagu pada Tahun 1986, kemudian berkembang dan menjadi Kecamatan mandiri pada tahun 1999, Koto Parik Gadang Diateh merupakan pintu gerbang dari Kabupaten Solok Selatan karena terletak paling utara dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Solok.

    Nama Koto Parik Gadang Diateh tidak lepas dari sejarah nenek moyang masyarakat Koto Parik Gadang Diateh. Dimana terdapat parit atau pagar yang membentang dan memisahkan antara Kecamatan Sungai Pagu dan Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh. Agar tidak melupakan sejarah batas kedua wilayah, maka parit tersebut dijadikan sebagai nama Kecamatan yaitu Koto Parik Gadang Diateh. Sampai saat ini, parit tersebut masih menjadi batas antara sungai pagu dan Koto Parik Gadang Diateh meskipun seiring dengan perkembangan zaman, parit tersebut mulai tidak kelihatan lagi karena tertutup apakah itu oleh air, tanah lonsor maupun telah dijadikan sawah oleh masyarakat.

Kehidupan adat di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh masih dipegang teguh. Saat ini hanya ada satu Kerapatan Adat Nagari di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh walaupun telah terbagi menjadi empat nagari. Kerapatan adat masih menjadi solusi dan wadah untuk menyelesaikan permasalahan adat di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh

Sejak awal pembentukan Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kecamatan yang berpusat di Pakan Rabaa ini telah mengalami beberapa kali pergantian camat. Mulanya Kecamatan ini hanya ada satu nagari yaitu nagari Pakan Rabaa, Nagari pakan rabaa dimekarkan sewaktu Yuli Satra Jhon Menjabat sebagai camat. Namun karena semakin bertambahnya jumlah penduduk dimungkinkan untuk memekarkan nagari agar pelayanan terhadap masyarakat dapat menjadi efektif dan jarak antara pusat pemerintahan dan nagari menjadi lebih dekat. Pada saat ini Kecamatan Koto Parik Gadang diateh telah memiliki empat nagari yang merupakan pemekaran dari Nagari Pakan Rabaa.

Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh merupakan kecamatan yang sebagian besar penduduknya bermata pencarian petani dan berkebun. Berbagai komoditi dihasilkan dari Kecamatan ini. Padi, Karet, Coklat dan hasil kebun lainnya dihasilkan hampir di seluruh nagari di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh.

Selain pertanian dan perkebunan, di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh juga terdapat hasil bumi berupa pertambangan seperti emas, timah, tembaga, bijih besi dan lain-lain. Pada saat ini hasil bumi tersebut telah mulai diolah sehingga dapat menambah kesejahteraan masyarakat.

Potensi pariwisata juga tidak dapat dipandang sebelah mata. Di kecamatan Koto Parik Gadang Diateh juga terdapat objek wisata baik yang telah diolah maupun yang belum terjamah oleh pemerintah maupun masyarakat swasta. Wisata air terjun dan bendungan serta keelokan wilayah kecamatan menjadi daya tarik untuk diolah dan dijadikan potensi wisata di kecamatan.

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

SONNI PATRISIA, ST

- Camat KPGD -

Selamat datang di Website Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD). Website ini dimaksudkan sebagai sarana publikasi untuk memberikan informasi...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini ?

Hasil
Banner